” BATIK-KU…”

Posted: 20 April 2010 in Ground of Surabaya

 ” BATIK-KU “ 

 

Berbagai macam Batik ternyata yang dulu terkenal adalah batik khas jogja ,solo atau daerah Jawa Tengah,Dan kini saya berikan sekilas info aja mengenai Batik khas Jawa Timur yang saya ambil disaat jalan –jalan sore bersama istri saya dipusat perbelanjaan khusus Batik Jawa Timur.

 

 

Ternyata banyak juga macam Batik ,sampai- sampai saya tidak bisa menghafal satu-satu nama dan jenisnya.Hebat satu lagi kebudayaan kita yang perlu dilestarikan dari kainnya ,jenis batiknya sampai cara membatik-nya dengan canting kecil yang menghasilkan nilai budaya yang tinggi.

Tak heran anak jaman sekarang tidak tahu dan tidak mengenal batik dan cara membuatnya…sangat disayangkan sekali.

Saya sendiri baru pertama kali melihat orang membuat / membatik dengan canting kecil dengan perlahan menjiwai tiap gerakan terasa ada nyawanya ,sungguh ternyata tidak lah mudah saya ditawari untuk mencobanya  di sehelai kain kecil dan saya tidak berhasil..hehehe ( paling tidak saya sudah merasakan cara membuatnya ).

 

 

Saya bangga dengan kebudayaan yang bernilai tinggi ini ternyata masih ada yang mau mengangkat dan mempromosikan untuk diperkenalkan kembali pada anak cucu kita.

Semoga sekilas info dan sedikit pengalaman saya ini dapat memberikan wawasan bagi para muda –mudi bahwasanya masih banyak kekayaan Negara kita Indonesia ini yang tidak kalah dengan Negara –negara lain di dunia.

” MAJU TERUS INDONESIAKU “

 

https://frankyku.wordpress.com

 

Comments
  1. Thomas says:

    Sorry baru berkunjung balik nih….hampir seminggu absen. Sibuk sekali. Btw artikelnya oke punya.
    Saya salah satu penggemar dan pengguna batik.
    salam

  2. HilMy !nfo says:

    iya. semoga Indonesia bisa menjadi negara maju nantinya.

    lagi-lagi postingan yang bagus mas.
    silahkan kunjungi blog kami di http://hilmtinfo.wordpress.com
    😀

  3. batik adalah milik bangsa Indonesia, jangan sampai direbut oleh negara lain…

    • frankyku says:

      semestinya kita lah yg bertanggung jawab untuk mempertahankannya…satu demi satu di ambil negara lain…

      terima kasih ,sahabat

  4. aan says:

    wah menambah wawasan saya tentang batik…

    salam kenal

  5. Thomas says:

    Pa kabar bung Franky…..sedang online rupanya?

    salam

    • frankyku says:

      benar..lagi santai dirumah..sambil ngajari si kecil main komputer juga..hehehe anak sekarang ..kepingin seperti bapaknya…

      salam sahabat,

  6. Luckmam says:

    Bagus sekali postingan maju Indonesia ku Via Batik..

    Btw sekarang Batik it is milik Indonesia tetapi. We mostly use kain import juga dari China.. sama saja dong.. Namanya saja jadi Batik..

    🙂 Hope more people buy real Indonesian Batik..But again ..mahal dan sulit bersaing dengan produk kain dari luar negeri jadi tidak hanya budaya tetapi juga perlu upgrade value dan pemasaran jika ingin maju juga pengrajinnya.

Leave a Reply

